Post another
Loading...
Tuesday 11 February 2014

Pengertian HTML ( Hypertext Markup Language )

18:52
HTML atau Hypertext Markup Language adalah salah satu formah yang digunakan dalam pembuatan dokumen dan aplikasi yang berjalan dihalaman web. Sebenarnya, dokumen HTML hanyalah sebuah dokumen teks biasa dan disebut sebagai Markup Language yakni bahasa yang mengandung tanda ( tag ) tertentu yang digunakan untuk mengatur format tampilan suatu dokumen.
HTTP atau Hypertext Transfer Protokol merupakan protokol yang digunakan untuk memtramsfer data atau dokumen yang berformat HTML dari web server ke browser ( Internet Explorer, Netscape Navigator, dll ). Dengan HTTP inilah yang memungkinkan Anda menjelajahi internet dan melihat halaman web.
Untuk membuat dokumen HTML hanya dibutuhkan sebuah aplikasi teks editor biasa. Namun sekarang ini di pasaran terdapat banyak sekali HTML authoring ( software yang digunakan untuk membuat atau mendesain halaman web). Adobe Dreamweave, Adobe GoLive, MS FrontPage sekedar contohnya. Tetapi tampa mengerahui dasar - dasarnya Anda tidak akan memperoleh hasil yang maksimal. Mengapa ? karena walaupun software-software tersebut semakin menawarkan kumudahan dalam membuat halaman web secara manual. Terutama untuk halaman web yang sangat komplek.

POLA DASAR DOKUMEN HTML

Dalam penggunaannya, sebagian besar kode HTML harus terletak di antara tag kontainer. Yaitu diawali dengan <namatag> dan di akhiri dengan </namatag> (terdapat tanda "/").

Berikut elemen-elemen atau tag :
  • < HTML >   </HTML> =  Mendefinisikan bahwa teks yang berada diantara kedua tag tersebut      adalah file HTML.
  • < HEAD >   </HEAD> =  Sebagai informasi page header. di dalam tag ini kita bisa meletakan tag-tag seperti TITLE,BASE,ISINDEX,LINK,SCRIPT,STYLE & META.
  • <TITLE>   </TITLE> =  Sebagai title atau judul halaman/from. Kalimat yang terletak di dalam tag ini akan muncul pada bagian paling atas browser Anda atau pada Title Bar
  • <BODY>   </BODY>  =  Mendefinisikan teks beserta formatnya yang hendak di tampilkan sebagai isi halaman web. Di dalam tag ini bisa diletakkan berbagai page attribute seperti bgcolor, background, text, link, vlink, alink, lifemargin dan tpomargin.


Contoh Membuat Dokumen HTML Sederhana
Langkah - langkahnya sebagai berikut :
1. Buat Folder Latihan pada My Dokumen dan selanjut nya file HTML yang kita buat
    akan di simpan pada folder yang tadi kita buat di My Dokumen.
2. Buka Browser, misalnya Mozilla Firefox.
3. Buka program aplikasi teks editor misalnya dalam contoh ini adalah Notepad.

4. Ketik script di bawah ini di notepad mu.

5. Setelah sudah memasukan kode HTML, simpan file nya dengan cara klik meni File -> Save As
6. Setelah sudah mengklik Save AS, pilih type All Files. sehingga tampilannya akan seperti                 berikut :
7. Simpan File nya dengan mengklik tombol Save
8. Untuk Menjalan kan nya buka Browser Mozilla Firefox dan klik menu File -> Open
9. Setelah itu cari file html yang tadi kita buat di folder yang Latihan HTML

10. Klik tombol Open dan akan tampil seperti ini :

Itulah contoh pola dasar dokumen HTML sederhana, banyak lah peraktek dalam hal membuat web agar bisa cepat menguasai .

Sekian artikel tentang HTML ( Hypertext Markup Language ) dan selanjutnya saya akan membahas tentang Desain WEB STATIS Dan DINAMIS, Sekian dari saya Terimakasih :) 

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer