Post another
Loading...
Monday 29 June 2015

" LARANGAN MEMANJANGKAN KUKU "

12:04
Assalamualaikum ukhti , Akhi ,
ketemu lagi nih sama ufaa .. hhe ,
 kali ini ufa mau share tentang LARANGAN MEMANJANGKAN KUKU nih .. oke deh cekidot :D hihihi

Para Ukhti nih biasanya identik sekali dengan yang namanya fashion .nah yang sedang populer di masa sekarang ini adanya kuku yang dibiarkan panjang .Hal ini juga di dukung dengan adanya tempat-tempat khusus perawatan kuku .Bila kita kembali lagi pada ajaran agama kita yakni agama islam , boleh ga sih memanjangkan kuku ?

Barang siapa yang tidak menggunting kukunya berarti ia telah menyalahi perkara fitrah , memotong kuku termasuk salah satu perkara fitrah. Berdasarkan sabda Rasulullah SAW , " Perkara fitrah itu ada lima : Berkhitan , mencukur bulu kemaluan , menggunting kumis , menggunting kuku , dan mencabut bulu ketiak" . (HR.al-Bukhari dan Muslim)

Dalam hadist shahih lainnya disebutkan , bahwa " perkara fitrah ada 10 , salah satunya menggunting kuku . Dan batas waktu yang ditentukan untuk menggunting kuku yakni 40hari . Diriwayatkan dari An-nas bin malik r.a ia berkata " Rasulullah SAWmemberi kami batas waktu untuk menggunting kumis ,menggunting kuku , mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluannya , yaitu tidak membiarkannya lebih dari 40hari .(HR. Ahmad dan Nasa'i , lafal hadist diatas adalah lafal hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad)

Syaikh Ahmad Al-Utsamin rahimahullah berkata "  Termasuk aneh , apabila orang-orang yang mengaku modern dan berperadaban membiarkan kuku-kuku mereka panjang,padahal jelas mengandung kotoran serta menyebabkan manusia menyerupai binatang ".

Dari segi kesehatan, bahwa mencuci kuku panjang itu tidak membuat kuku bersih dari kuman dan kotoran .karna air tidakdapat mencapai bagian bawah kuku .

Hikmah adanya larangan untuk memanjangkan kuku ialah,untuk menjaga kesucian dan kebersihan.karna kadang kala dalam kuku tersebut tersimpan kotoran.Dan juga untuk menghindari bentuk penyerupaan diri dengan orang-orang kafir dan hewan-hewan bercakar dan berkuku panjang .

Nah , para ukhti atau ikhwan mau gak disamain sama hewan ? hihi NGGA kan? ayo ayo cepet ambil gunting kukunya n raihin , potongin juga bersihin kukunya yaaa .

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer